Thursday, March 29, 2007

Apakah Kamu Suka Mencuci Piring?

Apakah Kamu Suka Mencuci Piring?

Untuk menolong anak-anak mengerti pentingnya melakukan pekerjaan di rumah, pakailah Bahan Mengajar berikut ini. Berdoalah terlebih dahulu agar Anda diberi hikmat oleh Tuhan sehingga apa yang Anda ajarkan dapat tertanam dalam hati anak-anak.
APAKAH KAMU SUKA MENCUCI PIRING
"Saya tidak mau membantu Ibu mencuci piring!" teriak Mega. "Mencuci piring sungguh tidak menyenangkan dan saya tidak mau melakukannya!"
Ibu tersenyum kepada Mega. "Baiklah, mengapa kamu tidak keluar saja dan bermain-main?" kata ibu.
Pada malam harinya Mega duduk menghadap meja makan. Ia sangat lapar dan bersiap-siap untuk menyantap salah satu masakan ibunya yang enak itu. Lalu ia melihat pada piringnya. Piring itu kotor, persis seperti ketika ia meninggalkannya tadi pagi. Ada sisa telur dan selai di atasnya. Juga masih ada sepotong kecil roti yang tersisa.Renungan Singkat tentang Kebersihan:
Apakah kamu suka makan pada piring yang kotor?Mengapa tidak?
Mengapa mencuci piring yang telah kita pakai itu penting?Mengapa mencuci tangan, pakaian, handuk, sprei dan sarung bantal kita juga penting?Mengapa kamu harus mencuci mobilmu atau mengepel lantai rumahmu atau membersihkan karpetmu?
"Bolehkah saya meletakkan makananmu pada piringmu, Mega?" tanya ibu.
"Oh tidak, terima kasih," kata Mega. "Bolehkah saya mencuci piring saya dulu, Bu?"
"Tetapi saya kira kamu tidak suka mencuci piring ," kata ibu.
"Saya tidak akan pernah berkata seperti itu lagi Bu!" kata Mega. "Saya tidak mau makan pada piring yang kotor, karena itu mulai sekarang saya akan senang menolong Ibu mencuci piring-piring yang kotor."
Menurut kamu, apakah Mega akan mengeluh lagi kalau mencuci piring?Renungan singkat tentang Tuhan Yesus dan kamu:
Alkitab mengatakan bahwa Tuhan Yesus akan menghapuskan dosa-dosa kita. Ia akan menyucikan kita. Bacalah 1Yohanes 1:9.
Mengapa Mega mau mencuci piringnya yang kotor? Bagaimanakah caranya piring-piring kita yang kotor dapat mengingatkan kita kepada dosa di dalam kehidupan kita? Mengapa kamu ingin agar Tuhan Yesus menghapuskan dosa-dosamu?
Sudahkah kamu meminta Tuhan Yesus menghapuskan dosa-dosamu? Kalau belum, maukah kamu melakukannya sekarang juga?
Bacaan Alkitab:
Mazmur 51:1-4
Kebenaran Alkitab:
Jika kita mengakui dosa-dosa kita yang kotor kepada Allah, dan meminta Dia menghapuskannya, maka Ia akan menyucikan kita. (1Yohanes 1:9)Doa:
Ya Tuhan Yesus, terima kasih karena Engkau telah mati bagi dosa-dosa saya. Hapuskanlah dosa-dosa saya dan sucikanlah hati saya. Amin!

No comments: